Jumat, 12 Desember 2008

Daisy, Format Baru Microsoft Word yang Bersuara


Berita mengenai format baru dari Microsoft Word kali ini benar-benar menunjukkan kepedulian Microsoft pada para penyandang cacat. Daisy, demikian format terbaru dari Microsoft ini, merupakan sebuah format yang memungkinkan para penyandang keterbatasan fisik dan mental untuk dapat mendengarkan isi dari sebuah file melalui suara narator. Dengan demikian, mereka yang mempunyai keterbatasan ini dapat ‘membaca’ isi suatu file teks melalui pendengaran telinga mereka. Tentu saja ini merupakan kabar yang sangat menggembirakan bagi para penyandang cacat, karena diharapkan dengan adanya Daisy ini akan memperluas kesempatan mereka untuk belajar dan mengikuti perkembangan informasi secara luas.

Microsoft bersama dengan situs web open source SourceForge berencana akan meluncurkan plug-in gratis ini pada awal tahun depan. Plug-in yang dapat mengkonversi file Office 2007 ke dalam format Daisy ini, akan mentranslasikan text ke dalam bentuk suara. Aplikasi plug ini gratis ini secara otomatis akan menambahkan opsi “Save as Daisy” pada Microsoft Word 2007, 2003 dan XP.

Konsorsium pendukung Daisy sendiri terdiri dari 70 perusahaan non-profit yang sejak tahun 1996 berupaya untuk mempublikasikan dan menyediakan informasi secara luas bagi para penyandang cacat. Daisy sendiri sebenarnya merupakan sebuah akronim dari ‘Digital Accessible Information System’, yang dalam pemaknaannya merujuk pada penyediaan akses sistem informasi digital secara luas bagi siapa pun termasuk para penyandang cacat. Komputer layanan narasi digital ini dipergunakan untuk para penyandang keterbatasan seperti dyslexia, parkinson, dan berbagai macam penyakit maupun keterbatasan fisik lainnya

0 komentar: