Senin, 17 November 2008

Obama Fokus pada Terorisme


Barack Obama, presiden terpilih Amerika Serikat, kembali menyakinkan publik Amerika jika dirinya akan menjadikan masalah keselamatan negara sebagai prioritas utama pemerintahannya. Proses transisi pemerintahan di AS, menjadi salah satu alasan Obama memfokuskan keamanan negara. Ini mengingat teroris kemungkinan akan memberikan ancaman besar kepada Gedung Putih.

Dalam wawancaranya dalam televisi pertama kali di acara 60 Minutes di stasiun televisi CBS, baru-baru ini, Obama juga menyebutkan jika dirinya akan tetap menarik pasukan amerika di Irak. Termasuk, keinginan Obama untuk menangkap pimpinan Al-Qaidah, Usamah bin Ladin.

Presiden pertama AS yang berkulit hitam tersebut juga mengonfirmasi mengenai penutupan penjara Guantanamo. Metode penyiksaan yang terjadi di penjara di Teluk Guantanamo, Kuba, tersebut menjadi alasan dirinya menutupnya.

Sebelumnya, Obama sempat bertemu John McCain, bekas rivalnya di Pemilihan Presiden AS. Pertemuan ini adalah yang pertama kali sejak pemilu 4 November lalu. Obama menilai mereka berdua dapat bekerja sama menghadapi masalah yang dialami Amerika saat ini.(ANS)

0 komentar: